Cari Blog Ini

Jumat, 18 Februari 2011

USIA MUDA MAKIN RENTAN GAGAL GINJAL



Orang lagi cuci darah
Gagal ginjal atau penyakit ginjal kronis semakin banyak menyerang pada usia muda. Gaya hidup tidak sehat serta maraknya makanan dan minuman olahan mengandung bahan kimia yang dikonsumsi kalangan muda diduga menjadi pemicu. Penanggung Jawab Unit Hemodialisis Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta Bonaventura Sidharta mengatakan, saat ini penyakit ginjal kronis (PGK) banyak menyerang pasien berusia 20-40 tahun. Sejumlah pasien PGK muda itu mengaku mengonsumsi banyak makanan dan minuman olahan yang mengandung bahan kimia.

Banyak di antara mereka secara rutin mengonsumsi serbuk atau minuman penambah stamina yang saat ini beredar di pasaran.Mereka umumnya adalah pekerja yang minum penambah stamina agar tidak lelah, kata Sidharta dalam Sarasehan Trik dan Kiat Mencegah Gagal Ginjal yang diselenggarakan Penerbit Percetakan Kanisius di Yogyakarta, Minggu (16/11).

Padahal, secara normal, penurunan fungsi ginjal baru terjadi pada usia lebih dari 40 tahun. Penurunan fungsi ginjal karena penuaan itu terus berlanjut hingga fungsi ginjal hanya tersisa 50 persen pada usia lebih dari 70 tahun.

Sekarang ini PGK lebih banyak disebabkan gaya hidup tidak sehat, dulu lebih karena faktor genetis dan usia, katanya.

Spesialis gizi dan penulis buku Trik dan Kiat Mencegah Gagal Ginjal Andry Hartono mengatakan, pola makan sehat merupakan kunci untuk mencegah gagal ginjal. Cara paling aman saat ini adalah masak sendiri makanan segar, katanya.

Menurut Andry, mengonsumsi bahan kimia seperti pewarna, pengawet, dan penyedap rasa yang disajikan dalam makanan meningkatkan risiko gagal ginjal karena bahan-bahan kimia tersebut cenderung mengendap dalam tubuh dan merusak fungsi ginjal. (Kompas)

Tidak ada komentar: